Daftar Pustaka Otomatis dengan Microsoft Word
Pada artikel ini, akan dibahas
penyusunan sitasi dan daftar pustaka secara otomatis dengan Microsoft
Word, khususnya versi 2007. Yaitu menggunakan menu References.
Gambar 2 berikut menunjukkan hasil
penulisan daftar pustaka secara otomatis.
Terdapat dua cara untuk menambahkan
pustaka atau sitasi, yaitu melalui new source dan source manager. Berikut akan
dibahas untuk masing-masing cara.
I. Melalui
New
Source
Gaya penulisan referensi yang
terdapat dalam Ms.Word terdiri dari 10 jenis, antara lain APA, Chicago, MLA,
Turabian dan sebagainya. Misal akan ditulis paragraf yang memuat sitasi dan
bagaimana daftar pustaka akan muncul secara otomatis, sebagai berikut:
Berikut
merupakan penulisan sitasi dengan gaya penulisan APA. Pertama yang diambil dari
buku (Purcell, 2008). Nama penulis mungkin akan lebih dari satu (G.Bartle
& R.Sherbert, 2000)selanjutnya jika dari jurnal ilmiah (Jolai &
Aghdaghi, 2008). Akan berbeda pula jika diambil dari prosiding seminar, rekaman
suara atau bahkan laporan penelitian. Tinggal dipilih jenis apa yang akan
disitasi.
Berdasarkan paragraf tersebut, maka dapat dimunculkan
daftar pustaka secara otomatis sebagai berikut.
Daftar Pustaka
G.Bartle, R., & R.Sherbert, D.
(2000). Introduction to Real Analysis. USA: John
Wiley&Sons,Inc.
Jolai, F., & Aghdaghi, M.
(2008). A Goal Programming Model for SIngle Vehicle
Routing Problem
with Multiple Routes. Journal of Industrial and Systems Engineering , 154-163.
Purcell, V. (2008). Calculus,
Ninth Edition. USA: Prentice Hall.
Tampak bahwa dari Gambar 3 penulisan telah sesuai
dengan urutan abjad dan sesuai cara penulisan pustaka yang diambil dari buku
dan jurnal ilmiah. Berikut dibahas langkah-langkah untuk penulisan sitasi
dengan new source.
Langkah pertama
Untuk mengaktifkan, klik Reference kemudian
pilih Insert
Citation dan pilih Add
New Source seperti tampak
pada Gambar 4 berikut
Langkah kedua
Akan muncul Dialog box seperti Gambar 5. Pilihan tipe sumber pustaka
dapat dipilih. Terdapat banyak pilihan yang ada, antara lain buku, bagian dari
buku, jurnal ilmiah, prosiding seminar, rekaman suara, dan sebagainya.
Jika dipilih tipe pustaka yang akan di sitasi
bersumber dari buku, maka setelah di input nama penulis, judul, tahun terbit, kota
terbit dan penerbit, klik OK.
Jika penulis lebih dari satu, cukup dipisahkan dengan
; (titik koma). Misal nama penulisnya adalah Robert G.Bartle dan Donald
R.Sherbert, maka pada kolom Author ditulis Robert G.Bartle; Donald
R.Sherbert.
Jika penulis adalah bukan orang, misalnya lembaga atau
perusahaan, maka beri tanda centang pada corporate author.
Langkah ketiga
Pada pilihan type of source dari Gambar
5, dapat dipilih tipe yang lain jika sitasi diambil bukan dari buku. Berikut
merupakan tampilan create source jika tipe yang dipilih berupa jurnal
ilmiah.
Langkah keempat
Selanjutnya untuk memunculkan daftar pustaka pilih Bibliography
kemudian pilih Insert Bibliography, maka secara otomatis akan muncul
pustaka sesuai yang di input di sitasi pada langkah sebelumnya.
II. Melalui
Source
Manager
Apabila telah ada beberapa pustaka yang pernah
ditambahkan di Ms.Word, dan ingin disitasi kembali, maka bisa menggunakan source
manager. Berikut langkah-langkah untuk memanggil kembali pustaka yang
telah tersimpan.
Langkah pertama
Dari Reference pilih Manage
Sources
Langkah kedua
Gambar berikut jika di dalam Ms.Word telah tersimpan
pustaka yang telah disitasi, jadi tinggal memilih yang mana yang akan digunakan
kembali.
Apabila penulis pernah menambahkan buku atau jurnal pada
sumber referensi, maka pada bagian kiri akan muncul buku maupun jurnal
tersebut. Apabila belum pernah menambahkan, maka kedua bagian kiri dan kanan
akan kosong.
0 komentar:
Posting Komentar