Rabu, 10 Februari 2016

Macam - macam Cloud Storage

Setelah membaca berbagai artikel tentang macam- macam cloud storage saya menyimpulkan.


CLOUD STORAGE




OneDrive


OneDrive merupakan layanan cloud storage dari Microsoft. Layanan ini sudah tersedia secara langsung bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1. Layanan ini juga dapat digunakan di Web, Windows versi lama, Android, iOS, Windows Phone, dan Xbox apps. Anda dapat menyimpan berbagai jenis file di layanan ini seperti foto, video, dokumen, dan lainnya.
Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah kombinasinya dengan program Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point. Ketika Anda membuka salah satu program tersebut, Anda akan melihat berbagai macam dokumen yang tersimpan di OneDrive pada daftar recent documents.
Jika Anda memiliki Office 365, maka Anda dapat membuka dan mengedit dokumen yang tersimpan di OneDrive bersamaan dengan teman Anda. Anda dapat melihat berbagai perubahan yang dilakukan oleh teman Anda tersebut secara real time.

Kelebihan
OneDrive berjalan dengan sangat baik untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows dan Windows Phone karena layanan ini sudah terintegrasi secara langsung di dalamnya. Selain itu aplikasi ini juga cocok bagi Anda yang sering menggunakan program Microsoft Office.

Kekurangan
Jika Anda tidak menggunakan perangkat berbasis Windows, maka tidak ada kelebihan lainnya yang dimiliki oleh layanan OneDrive ini. OneDrive juga memberlakukan peraturan ketat mengenai file yang diunggah untuk menghindari adanya data yang berbau pornografi dan lainnya. Di satu sisi hal ini memang baik, namun di sisi lain justru membatasi ruang gerak para penggunanya.

Dropbox



Dropbox merupakan layanan penyimpanan awan yang paling banyak disukai karena memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Layanan ini juga dapat diakses dari berbagai platform seperti web, Mac, Windows, Linux (Ubuntu, Debian, Fedora, dll), iOS, Android, BlackBerry, dan Kindle Fire.
Anda dapat menyimpan berbagai macam jenis file di Dropbox. Tidak ada batasan ukuran file yang dapat diunggah, namun semakin besar ukurannya maka semakin lama pula proses upload-nya. Tampilan yang dimiliki Dropbox ini sangat simpel sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.
Ketika mendaftar di Dropbox, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2GB. Jika mengikuti Getting Started tutorial, akan ada tambahan sebesar 250MB. Kemudian jika Anda mengaktifkan fitur automatic photo upload, maka Anda akan mendapatkan bonus lagi sebesar 3GB. Dan Anda juga akan mendapatkan bonus 500MB setiap mengajak teman untuk menggunakan layanan Dropbox ini.

Kelebihan

Dropbox mampu terintegrasi dengan baik di berbagai perangkat, baik itu PC, Mac, Android, ataupun iOS. Layanan ini sangat cocok bagi Anda yang sering menggunakan berbagai macam perangkat tersebut.

Kekurangan

Meskipun terintegrasi dengan baik untuk aplikasi desktop dan mobile-nya, namun layanan yang terdapat pada versi web-nya kurang begitu memuaskan dibandingkan dengan penyedia layanan lainnya

Google Drive

Google Drive merupakan layanan cloud storage dari Google. Ketika mendaftar Anda akan mendapatkan kuota penyimpanan gratis sebesar 15GB. Namun kapasitas tersebut tidak hanya digunakan untuk menyimpan file saja namun juga untuk menyimpan data Gmail, foto yang diunggah ke Google+, serta dokumen yang dibuat di Google Docs.
Layanan Google Drive ini terintegrasi langsung dengan sistem operai Chromium. Artinya apabila Anda memiliki perangkat Chromebook, maka Google Drive merupakan layanan penyimpanan awan terbaik yang dapat Anda gunakan.
Google Drive juga memiliki layanan built-in office suite sehingga Anda dapat membuat dan mengedit dokumen Word, Excel, dan Power Point secara langsung. Selain itu Google Drive juga mendukung banyak aplikasi pihak ketiga seperti untuk mengirim fax ataupun memberi tanda tangan.
Kelebihan
Layanan Google Drive ini sangat cocok bagi para pemilik Google Account. Jika Anda menggunakan Gmail maka Anda juga dapat dengan mudah menyimpan lampiran email ke Drive hanya dengan beberapa klik saja.
Kekurangan
Seperti dikutip dari Cnet, Anda tidak dapat mengunggah langsung foto dari smartphone ke Google Drive karena Anda hanya bisa mengunggahnya ke Google Plus saja. Fitur ini mungkin akan hadir di masa yang akan datang.

Box


Meskipun siapa saja dapat membuat akun Box, namun layanan ini sebenarnya lebih cocok bagi para pelaku bisnis dan IT. Ya, selain menyediakan fitur dasar seperti penyimpanan awan lainnya, Box juga menyediakan fitur untuk memberikan komentar di file pengguna lain, memberikan notifikasi ketika terdapat perubahan pada file, dan fitur menarik lainnya.
Box juga memberikan Anda kontrol lebih terhadap privasi dari file yang Anda simpan. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa mengunggah, melihat, serta mengedit file dan folder yang Anda miliki. Anda juga bisa melindungi setiap file tersebut dengan password dan mengatur masa kadaluarsa dari folder yang dibagikan.
Para pelaku bisnis juga dapat menghubungkan layanan ini dengan Salesforce dan NetSuite sehingga mereka dapat menyimpan dokumen langsung di Box. Terdapat juga plugin untuk Microsoft Office dan Adobe Lightroom agar penggunanya dapat membuka dan mengedit file yang tersimpan di Box dengan program tersebut.

Kelebihan

Box sangat cocok bagi para pelaku bisnis karena sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang memadai serta kontrol terhadap privasil file.

Kekurangan

Karena ditujukan bagi para pelaku bisnis, maka berbagai fitur yang disediakan Box mungkin cukup mengganggu bagi para pengguna biasa yang hanya menggunakannya untuk menyimpan file saja.

0 komentar:

Posting Komentar